INDONESIA KEREN

Indonesia Memiliki Salah Satu Gugusan Karst Terindah di Dunia

Gugusan karst terindah kedua di dunia berada di Indonesia,yang terbentang mulai dari Kabupaten Maros-Pangkep, sekitar 30 km dari kota Makasar dengan total luas kawasan 4.500 Ha. Kawasan tersebut merupakan yang terbesar kedua di dunia setelah kawasan karst di Cina.

Kawasan karst di Kabupaten Maros dikembangkan sebagai objek wisata dan pemandian alam Bantimurung atau lebih di kenal dengan kawasan air terjun Bantimurung yang lengkap dengan goa Mimpi dan situs peradaban prasejarah, Taman prasejarah Laeng-laeng. Sedangkan untuk Kabupaten Pangkep memilki dua objek wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan yakni wisata alam Sumpangbita yang terkenal dengan tangga seribu dan pemandian Mattampa yang telah dilengkapi dengan sarana olah raga, diantaranya kolam renang, voli dan tenis.

Kawasan Maros-Pangkep juga memiliki flora dan fauna yang unik dan dilindungi. Untuk jenis flora antara lain adalah bunga Rafflesia dan untuk fauna antara lain adalah monyet hitam (macaca maura) dan 125 jenis Kupu-kupu dari 400 jenis kupu-kupu yang ada di kawasan tersebut.

Keragaman dan keunikan jenis atraksi wisata yang ada di Kawasan Maros- Pangkep membuat kawasan ini ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia atau World Heritage Site oleh UNESCO. Dengan ditetapkannya kawasan tersebut sebagai situs warisan dunia, maka kawasan tersebut menjadi salah satu destinasi di Indonesia yang menjadi pusat perhatian dunia yang secara langsung membantu dalam mempromosikan Kabupaten Maros-Pangkep sebagai destinasi wisata potensial di Indonesia.

Kawasan Maros-Pangkep juga tidak hanya sebagai salah satu situs warisan dunia, tetapi juga memiliki atraksi-atraksi wisata lainnya seperti Pantai Kuri, Air Terjun Bonto Somba, Pemandian Air Panas Reatoa Mallawa, Taman Safari Pucak, Cagar Alam Karaenta dan Sungai Pute.

Untuk wisata budaya di Kawasan Maros Pangkep antara lain adalah kegiatan upacara adat Kerajaan Marusu, Katto Bokko, Tari Kalubampa, Tari Makkampiri, Tari Kalabbirang, Tari Pepe-pepeka dan Rebbana. Atraksi-atraksi wisata tersebut dapat memberikan variasi pilihan aktivitas wisata bagi pengunjung selama berada di Kawasan Maros-Pangkep. (budpar)

Perbandingan gambar hutan karst di Pangkep-Maros dan Cina

Gambar Hutan karst di Pangkep-Maros




Gambar Hutan Karst di China


0 Response to "INDONESIA KEREN"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme | Blogger Templates | Best Credit Cards